Touch Hybrid Qwerty 9810 dan Torch 9860: lebih multimedia


Produk kedua yang akan dikeluarkan adalah Touch Hybrid Qwerty 9810. Ponsel ini memiliki bentuk sama seperti BlackBerry Torch 9800 yang diluncurkan tahun lalu. Bentuknya pun sama dengan dimensi 11,1cmx 6,2 cmx1,46cm dalam kondisi tertutup dan 14,8 cmx6,2 cmx1,46cm dalam kondisi terbuka.

Sama seperti seri Torch sebelumnya, seri yang juga disebut Torch 2 ini memadukan keyboard qwerty versi slide down dengan layar sentuh. Perbedaan signifikan, selain di sistem operasi, terlihat di prosesor dan display.

Torch 9810 menggunakan prosesor dengan kecepatan 1,2 GHz, sekitar dua kali lipat dari seri sebelumnya dengan 624MHz. Pada display, Torch 2 memiliki resolusi 480×640 piksel di layar berukuran 3,2 inci.

Kelebihan lain dari seri sebelumnya, untuk penyimpanan, Torch 2 memiliki memori internal sebesar 8 GB storage dan 768MB RAM. Untuk memori eksternal, terdapat slot microSD hingga 32GB.

Pengalaman pengguna bisa dibilang hampir sama dengan produk sebelumnya, hanya tambahan prosesor dan OS7 dipastikan akan meningkatkan kinerja BlackBerry ini, khususnya bagi pecinta multimedia.

Masalah harga, seri 9810 ini diprediksi akan ditawarkan lebih rendah dibandingkan dengan pendahulunya yang dibanderol Rp6,2 juta per unit ketika pertama kali diluncurkan. Ketika di coba, ponsel ini masih agak lambat merespon perubahan posisi dari vertikal ke horizontal, maupun sebaliknya

Terakhir, Torch 9860, Sekilas ponsel ini akan mengingatkan anda dengan berbagai merek ponsel Android yang banyak beredar di pasaran karena bentuknya yang seluruhnya merupakan layar sentuh dengan beberapa tombol pengatur.

Torch 9860 bisa disebut sebagai penerus generasi BlackBerry Strom. Memiliki layar 3,7 inci, ponsel ini menampilkan layar sentuh penuh dengan resolusi mencapai 253 DPI (dots per inch) yang diklaim sebagai resolusi tertinggi untuk layar BlackBerry.

Layar sentuh yang ditawarkan sangat sensitif, bisa menjadi pilihan bagi pecinta ponsel tanpa qwerty keyboard. Ponsel ini sendiri tidak bisa dibandingkan dengan ponsel Android karena RIM menggunakan teknologi kompresi data.

Ketika dicoba, kecepatan akses ponsel ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan ponsel Android, namun ukuran file sudah dikompres. Torch 9860 sepertinya tidak akan cocok bagi pengguna yang menyukai tampilan lengkap sebuah web atau ukuran sesungguhnya dari sebuah e-mail.

Seperti kedua model lainnya, Torch ini juga mengusung prosesor 1,2 GHz yang menjanjikan performa lebih cepat.

Selain dibekali dengan OS7, ketiga tipe ini juga dilengkapi dengan kamera 5 Megapiksel dengan 4x digital zoom, serta video recording berkualitas HD (high definition).

RIM belum mengumumkan harga Touch Hybrid Qwerty 9810 dan Torch 9860, namun dipastikan di bawah harga BlackBerry 9900.