Mission Impossible: Ghost Protocol



Tidak berhenti pada film ketiga, Mission Impossible, masih bercerita mengenai kehidupan agen IMF, Ethan Hunt yang diperankan oleh Tom Cruise melanjutkan proyek keempat film ini.
Alur cerita masih sama seperti tiga film sebelumnya, Ethan memperoleh misi penting untuk menyelamatkan dunia yang tidak mungkin dilakukan. Bedanya, Ghost Protocol memberikan lebih banyak unsur kejutan dan komedi di tengah ketegangan cerita.
Banyak kritikus mengatakan film ini lebih baik dibandingkan dengan ketiga film Mission Impossible sebelumnya. Ghost Protocol memang memiliki jalan cerita yang lebih mudah dipahami, rasional, dan memberikan ketegangan babak demi babak.
Penonton tidak akan dibawa tegang dari awal hingga akhir cerita, ketegangan dibangun dan dituntaskan babak demi babak. Cerita seperti ini sering membuat penonton merasa bosan, namun film ini berhasil menghapusnya dengan beberapa adegan lucu.
Salah satunya ketika Ethan harus memanjat Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia yang berada di Dubai untuk memasuki ruang server tanpa ketahuan. Ethan tidak memulainya dari lantai dasar, namun dari lantai 120 menuju lantai 131.
Ethan sadar dia harus melakukannya, namun sebagai manusia, semua orang memiliki rasa takut ketinggian, apalagi harus memanjat dengan peralatan terbatas. Ekspresi wajah dan kepanikannya memberikan nuansa segar di tengah alur cerita.
Cerita diawali dengan operasi pembebasan Ethan dari sebuah penjara di Rusia. Dia dipenjara setelah membunuh sekolompok orang yang diceritakan sebagai pelaku pembuhunan istri tercintanya.
Ketika misi dijalankan, sebuah bom teroris menghancurkan Kremlin, tepat ketika Ethan dan timnya sedang melakukan operasi rahasia di sana. Pemerintah Rusia menilainya sebagai an undeclared act of war.
Ketegangan hubungan antara Rusia dan Amerika pun tidak bisa dihindari, Rusia yakin bom tersebut merupakan perbuatan Ethan, sementara dirinya dan tim harus berjuang mencari pelaku pengeboman sesungguhnya.
Kejadian tersebut ternyata hanya salah satu dari bagian rencana penjahat yang ingin melihat dunia kiamat dengan perang nuklir. Tidak luput salah satu petinggi IMF pun diserang di tengah perjalanan.
Ketegangan itu mendorong pemerintah Amerika Serikat memulai operasi hitam yang dikenal sebagai Ghost Protocol. Operasi ini bakalan jadi misi yang diingkari oleh mereka jika salah satu anggota tim tertangkap, Impossible Mission Force.
Ethan Hunt dan empat orang anggota tim lainnya diizinkan melarikan diri dari tahanan pemerintah sebagai bagian dari rencana. Tujuannya agar memungkinkan mereka beroperasi di luar struktur komando lembaga.
Mereka pun harus bergerak tanpa terlacak, rencana, bantuan, dan peralatan memadai yang selama ini disediakan oleh IMF.
Tim Ethan terdiri dari Simon Pegg yang diperankan oleh Benji Dunn, serta Paula Patton sebagai Jane Carter. Pascaserangan kepada petinggi IMF, kepala analis IMF, William Brandt yang diperankan oleh Jeremy Renner ikut bergabung dalam tim.
Ethan dan tim menjadi buronan polisi Rusia, sementara dirinya sibuk mengejar aksi teroris. Berbagai aksi pun menjadi suguhan sepanjang film ini, mulai dari memanjat 11 lantai dari ketinggian lantai 130, hingga berbagai aksi dengan mobil BMW terbaru.
Tidak hanya filmya, dua tipe yang ada pada film ini, yaitu BMW 650i Coupe M Sport dan BMW 640i Coupe juga telah muncul di Jakarta, dijual dengan harga Rp1,8 miliar per unit, serta Rp1,4 miliar per unit.
Keindahan berbagai negara juga disuguhkan dengan indah, tanpa melupakan jika ini adalah sebuah film action, mulai dari Kremlin di Rusia, gedung tertinggi di Dubai lengkap dengan badai pasir, hingga keramaian India.
Anil Kapoor, aktor dan produser kenamaan Bollywood juga bermain bagus sebagai seorang miliuner India, raja jaringan televisi bernama Brij Nath.
Naskah film ini ditulis oleh André Nemec dan Josh Appelbaum, serta disutradarai Brad Bird. Sama seperti film terdahulu, Tom Cruise juga menjadi produser, kali ini bersama J. J. Abrams (sutradara di film ketiga), dan and Bryan Burk.
Berbagai adegan penuh aksi sebagian besar dilakukan sendiri olehnya Tom Cruise. Film produksi Studio Skydance Productions dan Bad Robot Productions ini menjadi film pertama yang direkam dengan kamera IMAX.
Film yang menghabiskan dana US$145 juta ini berhasil meraup pendapatan US$161,6 juta pada pekan pertama pemutarannya. 

Judul                Mission Impossible: Ghost Protocol     
Pemain             Tom Cruise
Jeremy Renner
Simon Pegg
Paula Patton
Sutradara         Brad Bird
Budget             US$145 juta
Box office         US$161,67 juta