upgrade kinerja CCTV

Saat ini banyak gedung perkantoran, apartment, tempat usaha di ruko, hingga rumah tinggal yang telah dilengkapi dengan kamera dan perangkat closed circuit television (CCTV).

Perangkat tersebut menjadi andalan untuk mengamankan gedung, ruangan, atau wilayah tertentu. Namun, apakah jika terjadi tindak kejahatan, seperti pencurian perangkat tersebug bisa menjadi solusi untuk menemukan pelaku, belum jaminan.

Versi tradisional (analog) dari perangkat ini memiliki banyak kelemahan dalam hal skalabilitas, efisiensi dan teknologi pengamatan yang terbatas. Sebagai gambaran dalam kapasitas menyimpan gambar, dan memberikan laporan real time.

Ada beberapa cara bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja CCTV yang Anda miliki, salah satunya menggunakan teknologi berbasis Internet Protocol (IP) ditambah dengan piranti lunak Intelligent Video Management System (iVMS) untuk central monitoring pada video surveillance system.

Perangkat lunak iVMS merupakan intelligent central monitoring system untuk mengontrol CCTV berbasis IP, dapat digunakan untuk membangun video surveillance system yang handal dengan instalasi efisien dan kinerja sangat baik. 

Video surveillance adalah rekaman video pengamatan atau memantau dari jauh dengan menggunakan peralatan elektronik seperti kamera CCTV atau penangkapan dari informasi yang ditransmisikan secara elektronik. 

iVMS akan mendeteksi secara otomatis semua kamera yang terhubung dalam satu jaringan, memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengetahui jumlah kamera yang terkoneksi.

Setelah semua kamera terdeteksi, pengguna bisa melihat sampai dengan 64 kamera secara langsung dan bersamaan. Setiap kamera yang terdeteksi bisa diatur melalui iVMS, seperti nama kamera, grouping camera, dan hal lainnya.

iVMS yang terhubung dengan security system dapat memberikan notifikasi apabila terjadi gangguan pada video surveillance system seperti kapasitas hardisk penuh, putusnya kabel kamera dengan jaringan, video tampering alarm, hingga pendeteksi pergerakan pada area tertentu (motion detection).

Piranti lunak ini akan memberikan notifikasi ketika terjadi gangguan dengan E-map Alarm yang memberikan informasi lokasi, Alarm Log,  bunyi alarm, dan fitur Alarm Link Recording, berfungsi merekam setiap ada pergerakan yang ditangkap oleh kamera CCTV.

Kendali jarah jauh
Fitur remote view dan playback, memungkinkan pengguna mengkonfigurasi parameter, upgrade firmware, menangani informasi alarm, mengatur NVR (network video recorder) untuk merekam, dan stream media server untuk transmisi dari jarak jauh.

Video rekaman bisa diubah menjadi foto dengan capture screen, iVMS juga memungkinkan pengguna untuk merekam video secara manual maupun terjadwal.

Setelah merekam video, pengguna bisa memutar rekaman langsung dari iVMS, baik itu rekaman yang tersimpan di NVR, kamera IP, maupun di PC lokal. Rekaman tersebut bisa menampilkan empat rekaman kamera secara bersamaan dengan 4x digital zoom.

Pengguna iVMS dibedakan menjadi dua tipe yaitu administrator dan guest. Administrator dapat memberikan otoritas kepada guest berupa menu apa saja yang bisa diakses atau kamera CCTV mana saja yang dapat dimonitor olehnya.

iVMS juga memiliki fitur PTZ (pan tilt zoom) control, berperan sebagai keyboard untuk PTZ kamera yang berfungsi untuk menggerakkan  kamera.

Dalam penggunaanya, iVMS juga memungkinkan perpaduan antara video surveillance sistem analog dan sistem yang berbasis IP, dalam arti perangkat lunak ini dapat diaplikasikan pada 2 sistem yang berbeda dalam satu platform.

Hal ini membuat existing user yang masih menggunakan video surveillance dengan sistem analog bisa menggunakan perangkat lunak ini dipadukan dengan Secure DVR.
 
“Sistem ini memiliki fitur lengkap membantu kebutuhan sistem keamanan perusahaan, mudah digunakan dan mengikuti perkembangan jaman,” ujar Yenni Suhartanto, Marketing Manager PT Datascrip.