RIM: Bold 9900 paling menarik pasar Indonesia

JAKARTA: Research in Motion (RIM) melihat produk BlackBerry Bold 9900 akan merajai pasaran Indonesia dibandingkan dengan dua tipe lainnya yang akan diluncurkan dalam waktu hampir bersamaan, pertengahan September mendatang.

Francois Mahieu, RIM Senior Director Regional Product Management Asia Pacific meengatakan pihaknya melihat Bold 9900 akan banyak diminati pasar, melihat kegemaran masyarakat Indonesia terhadap fitur messaging, termasuk didalamnya kegiatan mengirim pesan dalam bentuk teks.

“Untuk mengetik pesan keyboard qwerty menjadi salah satu pilihan utama masyarakat Indonesia. Saya kira produk 9900 akan menarik dibandingkan dua produk lainnya, apalagi didukung oleh layar sentuh yang semakin memudahkan pengguna,” ujarnya, semalam.

RIM akan meluncurkan tiga tipe berbeda dalam kurun waktu berdekatan sepanjang September 2011 di pasar Indonesia. Ketiga tipe tersebut adalah BlackBerry Bold 9900, Touch Hybrid Qwerty 9810, dan Torch 9850.

BlackBerry Bold 9900 merupakan pengembangan dari produk premium Bold. Bentuknya mirip dengan seri BlackBerry Bold terakhir yang menggunakan trackball. Produk ini diklaim paling premium dibandingkan dua tipe lainnya.

RIM mengklaim produk ini dibuat dari bahan terbaik, termasuk rangka stainless steel yang menghasikan sentuhan akhir bentuk ponsel pintar elegan dan kuat. Ponsel layar sentuh ini juga memiliki layar lebih kuat terhadap tekanan dan pukulan dibandingkan produk BlackBery lainnya seperti Onxy.

Produk premium ini rencananya akan dipasarkan melalui tiga distributor resmi, yaitu PT Teletama Artha Mandiri, PT Comtech Cellular, dan PT Selular Media Infotama dengan harga Rp5,99 juta per unit.

Dua tipe lainnya, Touch Hybrid Qwerty 9810 memiliki desain layaknya BlackBerry Torch 9800, ponsel sliding dengan keyboard qwerty dan layar sentuh. Sementara Torch 9850 memiliki desain seperti kebanyakan ponsel Android yang beredar saat ini dengan layar full touchscreen.

RIM belum mengumumkan harga kedua tipe ini, namun dipastikan di bawah harga BlackBerry 9900.

Francois menambahkan pihaknya yakin dengan ketiga produk tersebut dan berencana mengeluarkannya dalam waktu berdekatan untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada masyarakat.

“Semua orang punya kegemaran tersendiri, seperti produk BlackBerry berwarna putih yang banyak merebut hati pembeli perempuan. Pada peluncuran perdana kami memasarkan Bold 9900 warna hitam, warna putih akan menyusul,” ujarnya.