Ponsel 3D masuk Indonesia

Ponsel pintar (smartphone) buatan vendor asal Asia semakin berkembang, mulai dari teknologi dan tampilan yang membuat Apple ketar ketir hingga melancarakan “serangan” hukum, hingga inovasi yang dihadirkannya.

Salah satu hal baru di dunia yang dihadirkan vendor ponsel asal Asia adalah fitur tiga dimensi (3D) pada ponsel pintar. Pengguna tidak perlu menggunakan kacamata untuk menikmatinya, cukup mata telanjang.
Tentu saja, ketika mencobanya, ada perbedaan antara menikmati dengan mata telanjang dibandingkan dengan menggunakan kacamata. Sensasi 3D yang dihasilkan tidak konsisten, hanya sesekali terlihat gambar keluar dari layar (efek 3D).
Produk ponsel pintar 3D yang akan keluar di Indonesia dalam bulan ini adalah LG Optimus 3D, dengan harga sekitar Rp5,5 juta per unit. Beberapa waktu lalu saya dapat kesempatan mencobanya langsung.
LG Optimus 3D sama seperti seri posel Optimus lainnya, menggunakan sistem operasi Android. Ponsel ini menyediakan shortcut khusus ke fitur 3D yang terdiri dari kamera, video, games, hingga aplikasi You Tube 3D.
Sisa fitur dan aplikasi lainnya seperti e-mail dan SMS masih ditampilkan dalam bentuk dua dimensi. Mungkin menarik jika suatu hari e-mail terlihat dalam bentuk tiga dimensi.
Dalam ponsel sudah dilengkapi beberapa permainan 3D seperti balapan, menembak, dan golf keluaran Gameloft. Tersedia juga cerita interaktif Gulliver's Travels e-book seperti Pinokio.
Permainan lainnya bisa diunduh dari Andoid Market, namun sayang jumlahnya saat ini masih sangat terbatas.
LG Optimus 3D merupakan smartphone Android pertama dengan teknologi 3D tanpa kacamata. Hal ini dimungkinkan karena ponsel ini dilengkapi kamera dua stereoscopic 5 megapiksel yang mampu mengambil gambar dalam bentuk tiga dimensi dan merekam video HD 1080p dan video 3D 720p.
Selalu diberikan pilihan untuk melihat gambar, video, maupun You Tube dalam bentuk 3D atau 2D. Ponsel ini juga dapat membagikan hasil foto dan video melalui koneksi 1.4 HDMI atau perangkat yang mendukung DLNA.
Hadir dengan layar berukuran 4,3 inci dengan 16 juta warna beresolusi 480 x 800 pixels, serta dilengkapi dengan port HDMI, LG Optimus 3D menjadi salah satu pilihan menarik bagi penggemar ponsel android.
Kemampuan menghasilkan produk 3D dari ponsel ini sangat menarik, acara liburan dengan sajian pemandangan yang indah bisa diabadikan dalam bentuk tiga dimensi, memberikan nilai lebih pada kenangan anda.
Perlu diperhatikan ketika mengambil gambar pengguna sebaiknya mempertahankan posisi sedikit lebih lama karena ponsel memerlukan waktu untuk merekam gambar dalam format 3D dibandingkan format 2D.
Pengguna bisa mengambil foto dalam versi tiga dimensi atau sebaliknya, mengambil gambar dua dimensi kemudian diubah menjadi 3D.
Dukungan prosesor
Dari dalam, ponsel ini menjadi yang pertama dengan arsitektur tri-dual dengan prosessor Cortex A9 dual core 1GHz, dukungan GPU PowerVR SGX540, RAM 512 MB, dan memori internal sebesar 8 GB, eksternal memori hingga 32 GB.
Pada umumnya dual-core processor pada ponsel pintar yang telah beredar di pasar Indonesia hanya didukung oleh satu buah RAM, LG Optimus didukung oleh dua buah RAM yang dapat jangkau oleh processor melalui dua channel atau jalur sehingga kinerja lebih efiseien.
Sebelumnya, LG telah menjadi yang pertama dalam memperkenalkan dual-prosessor melalui LG Optimus 2X.
Masalah baterai, ponsel ini bertahan hingga pemakaian 3 hari sebelum benar-benar habis dan mati dengan sendirinya.
Dari sisi penampilan, ponsel ini memiliki warna hitam dengan bagian belakang terbuat dari plastik. Tepat di bagian atas layar terdapat logo LG dan speaker, sedangkan di bagian bawah terdapat tombol sentuh khas ponsel Android: widget, home, back, dan search.
Pada bagian atas ponsel, terdapat tombol power yang sekaligus menjadi kunci untuk mengaktifkan dan menonaktifkan ponsel, serta jack headphone 3,5 milimeter. Di bagian bawah, ada mikrofon kecil.
Di sebelah kanan, terdapat pengatur volume dan jalan pintas untuk mengakses fitur 3D. Sedangkan di sisi berlawanan ada port microUSB untuk transfer data dan mengisi daya baterai serta port HDMI.
LG Optimus 3D ini adalah masih menggunakan sistem operasi Android 2.2 alias Froyo. Namun jangan khawatir, pengguna bisa memperbarui platform itu menjadi Android 2.3 (Gingerbread).