N9: Nokia fight back!


Data dari lembaga riset IDC menunjukkan hingga kuartal II/2011 Nokia masih menjadi nomor satu di dunia dengan pangsa pasar 33,8%, jauh dari posisi kedua yang ditempati oleh Samsung dengan 19,4% dan LG 9,3% di posisi ketiga.
Sekilas posisi tersebut terlihat aman, namun pada kenyataannya pasar Nokia terus tergerus, pada kuartal II/2011 mereka meraih pangsa pasar 33,8% turun sebesar 20,3% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, padahal penjualan ponsel secara keseluruhan naik 11% (yoy).
Salah satu segmen yang paling banyak dihantam adalah pasar ponsel pintar (smartphone), Nokia banyak kedodoran menghadapi gencarnya serangan iPhone dari Apple dan ponsel berbasis sistem operasi Android.
Posisi Nokia turun diperingkat ketiga di dunia. Di Indonesia, pasar ponsel pintar Nokia juga terus digerus BlackBerry dari Research in Motion (RIM) dan ponsel Android keluaran vendor seperti Samsung, HTC, Sony Ericsson, hingga LG.
Tak mau jatuh terlalu dalam, Nokia pun mencoba melawan kembali dengan senjatan andalan terbarunya, N9 dengan sistem operasi MeeGo dan Lumia 800 Windows Phone Mango, hasil kerjasamanya dengan Microsoft.
Di Indonesia, Nokia N9 diperkenalkan pekan ini dalam ajang Jakarta Fashion Week untuk menunjukkan betapa cantik dan menginspirasinya ponsel seharga Rp5,7 juta per unit yang saat ini pemesanannya masih dalam tahap pre order.
Ketika saya mencobanya, bisa dikatakan ponsel ini merupakan langkah awal pukulan balik Nokia terhadap para kompetitornya. Dari sisi desain, ponsel ini terlihat keras di luar, namun lembut di dalam.
Nokia N9 merupakan contoh gabungan teknologi dan seni. Badannya terbuat dari polycarbonate tunggal dibentuk dengan presisi tinggi dan mengalir luwes ke layar yang dibentuk dengan indah, tidak datar seperti ponsel layar sentuh biasanya.
Bahan polycarbonate dapat membantu ponsel menangkap sinyal dengan lebih baik dibandingkan dengan bahan lainnya.
Pengguna tidak akan menemukan sambungan body depan dan belakang, seluruhnya menyatu dengan speaker di bagian bawah, serta USB data dan charger jadi satu, lubang 3,5mm jack, serta tempat mikro simcard, seluruhnya di bagian atas ponsel.
Masuk lebih dalam, ponsel ini tidak memiliki satupun tombol, semua cukup dengan usapan dan ketukan. Kunci akan terbuka dengan dua kali ketukan jari di layar berkurvaAmoled selebar 3,9 inci tahan gores.
Ponsel ini memiliki 3 layar antarmuka yang dirancang untuk memberikan akses cepat ke hal-hal yang paling penting yang dilakukan per pengguna, aplikasi yang sedang di buka, serta seluruh fitur pada ponsel.
Salah satu layar yang menunjukkan seluruh menu sekilas mengingatkan Bisnis dengan ponsel Android. Nokia juga memiliki Ovi Store dengan berbagai tawaran aplikasi gratis dan berbayar, sama seperti Android Market.
Layaknya ponsel premium Nokia lainnya, kamera N9 mungkin hanya 8 megapiksel, namun dilengkapi dengan lensa Carl Zeiss Tessar. Lensa jaminan gambar berkualitas bagus yang belum bisa disaingi oleh BlackBerry hingga saat ini.
Posisi lensa diletakkan untuk mengambil sudut lebar, membantu dalam pengambilan video kualitas HD dan bukaan lensa lebar, menghasilkan kinerja terbaik bahkan dalam kondisi pencahayaan rendah.
Teknologi NFC
Salah satu fitur unggulan Nokia N9 lainnya adalah teknologi near field technology (NFT). Dengan teknologi itu aktivitas pembayaran, akses informasi, dan aplikasi bisa dilakukan hanya dengan menempelkan perangkat ponsel.
“Sementara smartphone lain baru gembar gembor NFC, Nokia sudah memfungsikannya lewat Nokia N9 meski belum untuk transaksi pembayaran,” ujar Lukman Susetyo, Head of Marketing Nokia Indonesia, pekan ini.
NFC merupakan hal baru, namun Nokia optimistis teknologi ini bisa diserap dengan baik oleh pasar. Selama ini Indonesia telah menjadi pemimpin dalam banyak hal, mulai dari aplikasi chat, jejaring sosial hingga ponsel qwerty.
Teknologi nirkabel ini memungkinkan pengguna dengan mudah berbagi gambar dan video hanya dengan menyentuhkan perangkat, atau memanfaatkan Bluetooth untuk mendengarkan musik dimanapun.
Amunisi hiburan lainnya yang dipersiapkan adalah Dolby Digital Plus dan teknologi Dolby Headphone, pengguna bisa memperoleh suara surround kualitas Dolby dengan merek headphone apapun.
Ponsel menawarkan navigasi kendara dan jalan kaki gratis dengan bimbingan suara dalam Nokia Maps. Dengan aplikasi Drive yang baru, pengguna bisa naik ke mobil dan langsung mulai bernavigasi ke tujuan.
“Jika ingin bersenang-senang, pengguna bisa memasukkan suaranya sendiri untuk navigasi,” ujarnya.
Nokia N9 tersedia di Indonesia dalam tiga warna, yaitu hitam, cyan, dan magenta dengan opsi penyimpanan sebesar 16GB. Sebenarnya Nokia memiliki dua versi kapasitas untuk N9, namun di sini hanya tersedia satu pilihan.
Melihat antusiame preorder dan pengalaman baru, berbeda dan menyenangkan yang diberikan kepada pengguna, Nokia Indonesia boleh optimistis produk terbaru ini bisa menjadi senjata andalan terbaru untuk memukul balik kompetitor.


Lima besar pangsa pasar vendor ponsel pintar (smartphone) global*
Vendor                                  pengiriman (juta unit)     2010 (%)         2011 (%)        
Apple                                      20,3                             13                    19,1
Samsung                                  17,3                             5,6                   16,2
Nokia                                      16,7                             37,7                 15,7
RIM                                        12,4                             17,4                 11,6
HTC                                        11,7                             6,8                   11
Sumber, IDC
*kuartal II/2011