Data dari lembaga
riset IDC menunjukkan hingga kuartal II/2011 Nokia masih menjadi nomor satu di
dunia dengan pangsa pasar 33,8%, jauh dari posisi kedua yang ditempati oleh Samsung
dengan 19,4% dan LG 9,3% di posisi ketiga.
Sekilas posisi
tersebut terlihat aman, namun pada kenyataannya pasar Nokia terus tergerus, pada kuartal II/2011 mereka meraih pangsa pasar 33,8% turun sebesar 20,3% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, padahal
penjualan ponsel secara keseluruhan naik 11% (yoy).
Salah satu
segmen yang paling banyak dihantam adalah pasar ponsel pintar (smartphone), Nokia banyak kedodoran menghadapi gencarnya serangan
iPhone dari Apple dan ponsel berbasis sistem operasi Android.
Posisi Nokia
turun diperingkat ketiga di dunia. Di Indonesia, pasar ponsel pintar Nokia juga
terus digerus BlackBerry dari Research in Motion (RIM) dan ponsel Android
keluaran vendor seperti Samsung, HTC, Sony Ericsson, hingga LG.
Tak mau jatuh
terlalu dalam, Nokia pun mencoba melawan kembali dengan senjatan andalan
terbarunya, N9 dengan sistem operasi MeeGo dan Lumia 800 Windows Phone Mango,
hasil kerjasamanya dengan Microsoft.
Di Indonesia,
Nokia N9 diperkenalkan pekan ini dalam ajang Jakarta Fashion Week untuk
menunjukkan betapa cantik dan menginspirasinya ponsel seharga Rp5,7 juta per
unit yang saat ini pemesanannya masih dalam tahap pre order.
Ketika saya mencobanya, bisa dikatakan ponsel
ini merupakan langkah awal pukulan balik Nokia terhadap para kompetitornya.
Dari sisi desain, ponsel ini terlihat keras di luar, namun lembut di dalam.
Nokia N9 merupakan contoh gabungan teknologi dan seni. Badannya terbuat
dari polycarbonate tunggal dibentuk
dengan presisi tinggi dan mengalir luwes ke layar yang dibentuk dengan indah,
tidak datar seperti ponsel layar sentuh biasanya.
Bahan polycarbonate dapat
membantu ponsel menangkap sinyal dengan lebih baik dibandingkan dengan bahan
lainnya.
Pengguna tidak akan menemukan sambungan body depan dan belakang, seluruhnya menyatu dengan speaker di bagian bawah, serta USB data
dan charger jadi satu, lubang 3,5mm jack, serta tempat mikro simcard, seluruhnya di bagian atas
ponsel.
Masuk lebih dalam, ponsel ini tidak memiliki satupun tombol, semua cukup
dengan usapan dan ketukan. Kunci akan terbuka dengan dua kali ketukan jari di layar
berkurvaAmoled selebar 3,9 inci tahan gores.
Ponsel ini memiliki 3 layar antarmuka yang dirancang untuk memberikan
akses cepat ke hal-hal yang paling penting yang dilakukan per pengguna,
aplikasi yang sedang di buka, serta seluruh fitur pada ponsel.
Salah satu layar yang menunjukkan seluruh menu sekilas mengingatkan Bisnis dengan ponsel Android. Nokia juga
memiliki Ovi Store dengan berbagai tawaran aplikasi gratis dan berbayar, sama
seperti Android Market.
Layaknya ponsel premium Nokia lainnya, kamera N9 mungkin hanya 8
megapiksel, namun dilengkapi dengan lensa Carl
Zeiss
Tessar. Lensa jaminan gambar berkualitas bagus
yang belum bisa disaingi oleh BlackBerry hingga saat ini.
Posisi lensa
diletakkan untuk mengambil sudut lebar, membantu dalam pengambilan video
kualitas HD dan bukaan lensa lebar, menghasilkan kinerja terbaik bahkan dalam
kondisi pencahayaan rendah.
Teknologi
NFC
Salah satu fitur
unggulan Nokia N9 lainnya adalah teknologi near
field technology (NFT). Dengan teknologi itu aktivitas pembayaran, akses
informasi, dan aplikasi bisa dilakukan hanya dengan menempelkan perangkat
ponsel.
“Sementara smartphone lain baru gembar gembor NFC,
Nokia sudah memfungsikannya lewat Nokia N9 meski belum untuk transaksi
pembayaran,” ujar Lukman Susetyo, Head of Marketing Nokia Indonesia, pekan ini.
NFC merupakan
hal baru, namun Nokia optimistis teknologi ini bisa diserap dengan baik oleh
pasar. Selama ini Indonesia telah menjadi pemimpin dalam banyak hal, mulai dari
aplikasi chat, jejaring sosial hingga
ponsel qwerty.
Teknologi
nirkabel ini memungkinkan pengguna dengan mudah berbagi gambar dan video hanya dengan
menyentuhkan perangkat, atau memanfaatkan Bluetooth untuk mendengarkan musik
dimanapun.
Amunisi hiburan
lainnya yang dipersiapkan adalah Dolby Digital Plus dan teknologi Dolby
Headphone, pengguna bisa memperoleh suara surround
kualitas Dolby dengan merek headphone
apapun.
Ponsel menawarkan
navigasi kendara dan jalan kaki gratis dengan bimbingan suara dalam Nokia Maps.
Dengan aplikasi Drive yang baru, pengguna bisa naik ke mobil dan langsung mulai
bernavigasi ke tujuan.
“Jika ingin
bersenang-senang, pengguna bisa memasukkan suaranya sendiri untuk navigasi,”
ujarnya.
Nokia N9
tersedia di Indonesia dalam tiga warna, yaitu hitam, cyan, dan magenta dengan
opsi penyimpanan sebesar 16GB. Sebenarnya Nokia memiliki dua versi kapasitas
untuk N9, namun di sini hanya tersedia satu pilihan.
Melihat antusiame preorder dan pengalaman baru,
berbeda dan menyenangkan yang diberikan kepada pengguna, Nokia Indonesia boleh optimistis
produk terbaru ini bisa menjadi senjata andalan terbaru untuk memukul balik
kompetitor.
Lima besar pangsa
pasar vendor ponsel pintar (smartphone)
global*
Vendor pengiriman
(juta unit) 2010 (%) 2011 (%)
Apple 20,3 13 19,1
Samsung 17,3 5,6 16,2
Nokia 16,7 37,7 15,7
RIM 12,4 17,4 11,6
HTC 11,7 6,8 11
Sumber, IDC
*kuartal II/2011