Underworld: Awakening


Setelah membunuh para sesepuh vampir, Selene mengira akhirnya dapat hidup tenang berdua bersama sang kekasih, Michael. Sayangnya, musuh kembali datang. Kali ini mereka harus menghadapi manusia.

Film keempat Underworld ini bercerita bahwa akhirnya manusia mengetahui keberadaan vampir dan serigala di sekitar mereka. Pembasmian pun dilakukan dengan api dan peluru perak. Selene sebagai vampir dan Michael sebagai hybrid (perpaduan serigala dan vampir), tidak luput dari kejaran manusia.

Mereka berencana untuk pergi meninggalkan kota, namun sebelum usaha tersebut berhasil keduanya berhasil ditembak. Selene mengira kehidupannya telah berakhir, hingga 12 tahun kemudian sesuatu bernama Subject 2 membebaskannya.
Terbangun dari tidur panjangnya, Selene yang diperankan oleh Kate Beckinsale kaget mendapati dirinya berada di sebuah ruang penelitian. Kemampuan telepatinya dengan Michael kembali, dia mengira Michael adalah Subject 2 dan sedang dalam bahaya.

Pengejaran Selene ternyata membawanya pada kenyataan mengagetkan. Hubungan telepati tersebut ternyata tidak menuntunnya untuk menemukan sang kekasih, melainkan seorang anak perempuan berusia 11 tahun, anak yang tidak pernah diketahuinya.

Selene pun percaya Michael telah tiada dan berusaha menyelamatkan sang anak dari kejaran serigala yang sangat menginginkannya. Dibantu David, diperankan oleh Theo James, Selene membawa Subject 2 ke lokasi persembunyian vampir yang tersisa selama ini.

Sayangnya, pertahanan vampir tidak bisa meredam serangan kawanan serigala yang ingin membawa Subject 2. Sebagai ibu, Selene menyadari bahwa anaknya memiliki kekuatan di atas kawanan serigala maupun vampir saat ini.

Pertarungan yang kurang berimbang tersebut memaksa Selene kehilangan anaknya. Dalam upaya menyelamatkan kembali sang buah hati, dia menemukan Subject 0 masih dalam kondisi membeku, tertidur seperti dirinya dahulu.

Subject 0 ternyata adalah Michael, kekasih yang dikiranya telah tiada. Selene memutuskan untuk menembak tabung agar tubuh Michael mencair dan diselamatkannya nanti. Sayangnya, Michael menghilang.

Film ini tidak terlalu mendapat respon positif dari para kritikus film, namun antusiame penonton cukup tinggi menyaksikannya. Dibuat dengan bujet US$70 juta, film ini berhasil meraup pendapatan box office hingga US$130 juta.

Melihat akhir ceritanya, hampir dipastikan Underworld akan segera dibuat seri kelimanya.
Jalan cerita Underwold: Awakening lebih sederhana dan manusiawi. Adegan darah bercucuran yang biasanya mendominasi film Underworld pun tidak terlalu banyak, bahkan beberapa adegan cenderung sangat mengharukan untuk kategori film action horor.

Berbagai efek dan sinematografis film ini juga tertata dengan apik dengan efek yang sangat mengasyikan untuk dinikmati dalam bentuk tayangan tiga dimensi, tanpa mengurangi sensasi menonton dalam bentuk dua dimensi.

Scott Speedman, pemeran Michael Corvin dalam dua film pertama seri ini mengumumkan dirinya tidak akan bermain di film keempat, namun produser melakukan digitally superimposed untuk mempertahankan wajahnya pada karakter Michael.
Sang produser Richard Wright mengatakan ide ini dilakukan untuk mendorong Scott mau kembali bermain di film kelima nanti. Semoga hal tersebut bisa terealisasi, namun sembari menanti film selanjutnya, Underwold: Awakening bisa Anda nikmati di bioskop terdekat.

Judul Film      Underwold: Awakening
Sutradara       Mans Marlind dan Bjorn Stein
Produser       Tom Rosenberg, Gary Lucchesi, Len Wiseman, Richard Wright
Pemeran      Kate Beckinsale, Sandrine Holt, Theo James, Michael Ealy, India Eisley, Stephen Rea, Charles Dance
Durasi            88 menit
Bujet              US$70 juta
Box office      US$130 juta